ANGIN DUDUK- UNTUK DIKETAHUI

kisah yg disampaikan dari email teman…

Kemarin Ada seorang teman di kantor yang meninggal di usia yang ke-31 dengan status single. Menurut dokter-dokter yang turut melayat, kemungkinan penyebabnya adalah angin duduk, karena pagi harinya dia masih masuk kantor, walaupun pada saat jam istirahat minta ijin pulang karena kepalanya pusing.

Kebetulan ybs tidur sekamar dengan kakak perempuannya yang juga bekerja di kantor yang sama. Dan masih sempat terbangun karena adiknya menanyakan minyak kayu putih sekitar setengah 12 malam, lalu paginya waktu dibangunkan pagi hari untuk berangkat ke kantor,

Ternyata sang adik sudah meninggal dengan posisi tidur dengan wajah sedikit menahan rasa sakit, dan kebiruan sekitar leher. Atas dasar itulah saya informasikan sedikit mengenai angin duduk Atau nama kerennya Sindrom Jantung Koroner Akut.

Angin Duduk sama dengan Sindrom Jantung Koroner Akut Hanya dalam 15 menit sampai 30 menit, orang yang terserang angin duduk bisa meninggal.Padahal, penderita, sebelumnya terlihat sehat-sehat saja. Dunia kedokteran selama dua tahun terakhir berhasil mengidentifikasi istilah baru penyakit jantung yang akrab disebut angin duduk.

Ternyata, penyakit Ini tak sekedar masuk angin berat, tetapi identik dengan Sindrom Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA). Teridentifikasinya istilah ini, menurut Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Prof DR Dr Teguh Santoso.SpPD, di Jakarta, pekan lalu.

Menandai sebuah koreksi besar terhadap mitos yang berkembang di masyarakat selama ini. Bahwa masuk angin hebat itu adalah penyakit yang berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kematian hanya dalam waktu 15 hingga 30 menit sejak serangan pertama.

Jadi kata Teguh lagi, jika Anda tiba-tiba merasa nyeri dada, Sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik apapun termasuk berhubungan seks. Segeralah pergi ke rumah sakit yang menyediakan fasilitas penanganan Gawat darurat jantung. Ingat!.

Tidak boleh lebih dari 15 menit setelah serangan nyeri pertama. Sindrom serangan jantung koroner akut merupakan penemuan terbaru akhir banyak disikapi masyarakat dengan tindakan yang salah. Misalnya, penderita dikerok, diberi minuman air panas, atau diberi Ramu-ramuan untuk mengeluarkan angin.

Padahal, penderita bisa meninggal mendadak tanpa ada tanda-tanda sakit.

Gejalanya: * Muncul keluhan nyeri ditengah dada, seperti:
- Rasa ditekan
- Rasa diremas-remas, menjalar ke leher,lengan kiri dan kanan, serta ulu hati.
- Rasa terbakar dengan sesak napas Dan keringat dingin.
- Keluhan nyeri ini bisa merambat ke kedua rahang gigi kanan atau kiri, bahu,serta punggung.

Lebih spesifik, Ada juga yang disertai kembung pada ulu hati seperti masuk angin atau maag. Sumber masalah sesungguhnya hanya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung (vasokonstriksi).

Penyempitan ini diakibatkan oleh empat hal :

* Pertama, adanya timbunan-lemak (aterosklerosis) dalam pembuluh darah akibat konsumsi
kolesterol tinggi.
* Kedua, sumbatan (trombosis) oleh sel beku darah (trombus).
* Ketiga, Vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah akibat kejang yang terus menerus. * Keempat, infeksi pada pembuluh darah.

Penyempitan itu, lanjutnya lagi, mengakibatkan berkurangnya oksigen yang masuk ke dalam jantung. Ketidak-seimbangan pasokan dengan kebutuhan oksigen pada tubuh mengakibatkan nyeri dada yang dalam istilah medisnya disebut “angina”.

Namun kata Teguh,hendaknya dibedakan antara keluhan nyeri pada sindrom serangan jantung koroner akut (SSJKA) dengan serangan jantung koroner (SJK) (infark miokard). Pada SJK, angina terjadi akibat sumbatan total pembuluh darah jantung karena aktivitas fisik yang berlebihan.

Sementara pada SSJKA angina terjadi akibat sumbatan tidak total yang dirasakan saat istirahat. “SSJKA ini memang mendadak. Bukan karena capek, masuk angin, atau penyakit-penyakit lainnya. Biasanya penderita akan meninggal paling lama lima belas menit setelah keluhan rasa nyeri pertama kali dirasakan”kata Teguh.

Masyarakat diminta waspada terhadap keluhan angina ini. Soalnya penderita sebelum terserang akan tampak sehat-sehat. Solusi satu-satunya hanyalah melonggarkan sumbatan yang terjadi, yaitu dengan memberikan obat anti platelet (sel pembeku darah) Dan anti koagulan.

Atau, obat untuk mengantisipasi ketidak-seimbangan supply oksigen dan kebutuhan oksigen. Misalnya nitrat, betabloker, Dan kalsium antagonis. Di tempat terpisah, ahli jantung RS Jantung Harapan Kita Dr. Santoso Karo-Karo MPH, SpJp mengungkapkan kondisi rumah sakit di Indonesia tidak terlalu bisa diharapkan untuk pengobatan SSJKA.

Rumah sakit terkesan lambat menangani pasien.Untuk itu IA menyarankan agar penderita yang sudah tahu bahwa dirinya memiliki gangguan jantung sebaiknya membawa tablet antiplatelet ke manapun IA pergi.

Obat Antiplatelet yang paling murah Dan gampang di cari adalah aspirin. Obat ini selain bermanfaat sebagai pertolongan pertama mengatasi nyeri Dan melonggarkan kembali pembuluh darah yang tersumbat oleh thrombosit atau platelet (sel pembeku darah).

About these ads

95 thoughts on “ANGIN DUDUK- UNTUK DIKETAHUI

    • pasti beda karena kalau angin duduk itu terlalu bayak duduk sehingga perut kembung akinat duduk , tetapi sekedar masuk angin itu jika kita hanya kedinginan dan sering sakit kepala

  1. Saya pernah terserang sakit yang hebat di bagian punggung sebelah kiri sampai susah untuk menggerakan anggota tubuh, napas mulai sesak karena menahan sakit. Saya bertahan dengan mengambil napas dalam2 secara paksa. Setelah satu jam reda rasa sakit, hanya tersisa sedikit sakit seperti bekas pukulan. Hal ini terjadi saat saya banyak melakukan aktifitas fisik yg berat, atau kerja shift malam. Apakah ini termasuk gejala SSJKA? Setiap berobat ke dokter saya tidak mendapatkan penjelasan yg cukup ttg keluhan saya, hanya diberi obat, hilang rasa sakit,selesai. Mohon penjelasan tentang keluhan saya lewat alamat email tersebut. Terima kasih.

  2. apa penyakit angin duduk selalu disertai keringat dingin???
    apa orang yang pernah terserang angin duduk punya kemungkinan lebih besar untuk terserang kembali??

  3. sekitar jam 22.30 ketika saya duduk di teras depan sambil asyik menikmati sebatang rokok ,tiba2 ada angin dingin yang berhembus menerpa wajah saya ,dan selang 15 menit kemudian perut saya kejang dan usus rasanya kaya di printir disertai keringat dingin sy dan istri sy panik ,trus punggung dan perut sy di kasih balsem ,rasa sakit ga mau hilang sampai akhirnya sy mencoba untuk duduk bersila dgn tangan di atas lutut (kaya orang lagi semedi) kemudian sy tarik napas dalam2 melalui hidung dan napas tersebut saya arahkan kebagian perut yang nyeri ,al hasil yang tadinya ga mo BAB (buang air Besar) setelah itu mau dan akhirnya rasa sakit itu hilang. trus yang saya mau tanyakan Apakah sy terserang angin duduk? Trus kira2 ada hubungannya gak dengan penyakit jantung?
    terimakasih sebelumnya

  4. saya juga mengalami gejala2 seperti mual/muntah, pusing, sesak, seluruh badan pegal2, perut kembung. apakah itu gejala SSJKA. mhon jawabanya dikirim ke alamat e-mail saya. trimakasih

    • kemungkinan anda mempunyai mag angin duduk angin yang tidak bisa keluar dari perut dikarenakan makanan yang tidak cocok.
      untuk meredakan penderita tsb. bahkan sampai sembuh ada titik-titik tertentu yang perlu ditelusuri dibagian kaki anda yang harus diurutkan boleh dibantu oleh orng lain atau oleh diri sendiri. boleh dikatakan untuk melancarkan peredaran darah kebagian lambung.
      ciri-cirinya dapat dirasakan langsung.

  5. Ibu Saya belakangan ini slalu mengeluh sakit dada, keluar keringat dingin, pusing, serta BAB bercampur darah. Diagnosa dokter rumah sakit belum ada kepastian ibu saya mengidap penyakit apa. Dari gejala2 yg ada, apa ibu saya berpeluang mengidap penyakit jantung koroner ?
    Mohon Jawaban-ya ke alamat email saya, Saya tunggu bantuan Anda, terima kasih.

  6. Ping balik: Dapet Gejala Vertigo… | Jouledoc Notes on Web

  7. Ass, wr wb.
    Saya ingin sharing pendapat mengenai angin duduk, kemarin hari minggu tgl 14/9, kakak ipar saya terkena angin duduk dan meninggal dunia ketika di bawa ke RS (DoA), kronologis kejadiannya adalah didahului dengan rasa nyeri di dada, kemudian setelah di berikan minyak kayu putih agak lega, beliau sempat buka puasa dahulu dan bergegas akan ke Masjid, baru 10-15 meter dari rumah beliau kembali merasakan sesak yang amat sangat dan terjatuh lunglai, kami membawa beliau ke RS dan menurut dokter sudah tidak bisa di selamatkan.
    Apakah ini termasuk terserang angin duduk?
    selama ini kakak saya tidak memiliki keluhan sesak nafas dan kakak saya bukan perokok (sama sekali)?
    Apa penyebabnya?
    Bila ada yang memiliki saran saya sangat harapkan untuk digunakan pada kejadian lain, terima kasih

  8. sudah 2 hari ini saya terkena masuk angin yg amat sangat. selain merasa kembung, mual/muntah, badan saya jg sangat skit seperti habis dipukul2, saya jg merasa nyeri pada bagian ulu hati. dari kemarin pengobatan yg saya lakukan hanya pijat dan kerok, serta olesan minyak kayu putih..

    lalu pagi ini saya jadi teringat kakak kelas jaman SMA dulu yg meninggal karena angin duduk..

    iseng2 googling..ternyata banyak artikel tentang angin duduk ini ya. jika saya ingin memeriksakan diri ke rumah sakit, apakah harus ke rumah sakit khusus jantung atau bagaimana?

    karena seperti yg kita tau, penyakit masuk angin cenderung diremehkan, takutnya jika saya ke rs umum biasa, nantinya malah tidak diperiksa dengan baik

    mohon pencerahannya ya

    • saya baru tw kalo masuk angin bukan penyakit biasa
      saya sendiri mengalaminya cuma saya tidak tau apakah saya terkena angin duduk atau masuk angin biasa.ciri-ciri yg saya alami punggung terasa pegal2 bahkan sangat pegal,kadang2 di ikuti mual-mual, saya pikir itu gejala dari maag krn saya pun ada gejala mag.kalo saya minum kopi badan atou punggung saya langsung pegal2 dan perut mual.saya mau tanya ke dokter spesialis apa saya harus periksa?karena saya ingin segera mengobatinya.tlg balas ke email saya. terima kasih

  9. Saat ini ketika masuk kerja punggung sebelah kiri saya sangat sakit, hingga mengakibatkan saya sulit sekali bernapas. (for inform : mlm nya saya pulang krja jam setengah 10, dan hrs bangun pagi krn masuk krj jam 7)
    Karena memang berada di depan komputer saya langsung googling dan mencari informasi tentang angin duduk, krn dulu tmn saya ketika sedang bermain game di dpn komputer tiba2 dia sesak napas dan tdk bs menggerakan anggota badannya. selang beberpa menit kemudian dia berangsur pulih dan menelepon saya, dan mengatakan bahwa dia terserang angin duduk.

    Hampir 2 jam saya msh merasakan sakit di daerah punggung saya dan menjalar hingga ke tangan kiri saya, dan saya sulit untuk menarik napas.
    Apa saya terserang angin duduk?
    dimohon penjelasan dan bantuannya segera ya..
    Penjelasannya bisa dikirim ke email saya, dan akan saya sharing.
    trimakasih bnyk..

  10. To Siska :
    Jangan sampai deh kamu bukan kena angin duduk…
    Krn setau saya kalo kena angin duduk biasanya meninggal. Makanya kamu & yg lain jg harus bisa judge diri kalian, bahwa kalian nggak terserang angin duduk! Doktrin pikiran anda dgn pikiran positif!
    Maka terjadilah sesuai keyakinanmu..!
    Semoga cepet sembuh..! GBU :)

  11. Angin duduk bisa menyerang siapa saja, jadi berhati-hatilah, karena bisa menyebabkan kematian, jika datang menyerang usahakan duduk bersila seperti yoga, ambil nafas secara teratur.

    Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Esa menjauhkan kita dari Penyakit Ini, dan kalaupun menyerang dapat sembuh lagi.

  12. Mo tanya, 2 hari yg lalu tiba” bapak saya juga merasakan sakit seperti ditekan di dada, trus dikasi koyo, besoknya bapak saya mengalami sakit lagi di dada kali ini dikerok, trus malamnya dibawa ke dokter untuk di cek up Alhamdulillah hasilnya sehat, baik untuk paru-paru dan jantung. Dokter bilang kondisi paru-paru ma jantung beliau bagus. Alhamdulillah sekarang sudah dalam kondisi sehat.
    Yg ingin saya tanyakan apa itu termasuk gejala angin duduk??
    Bisakah kambuh lagi?
    Untuk solusi awal apa yg bisa dilakukan jika angin duduk itu menyerang?apa hanya dengan pemberian aspirin?Apa tidak ada obat lain ato solusi lain selain pemberian aspirin?mengingat semua kan mendadak.Apa dengan pemberian Aspirin tidak usah dibawa ke dokter?
    Mohon dibalas di email saya.
    Terima Kasih

  13. saya sejak 4 hari yg lalu merasakan nyeri di dada, dan saya pikir itu nyeri biasa, namun pada hari ke-4 saya mencret2, apakah itu termasuk gejala angin duduk? namun saya tidak merasa mual, keram di leher atau tangan…
    mohon masukannya :D

  14. waktu smp sy sering mengalami sakit seperti ditusuk2 d dada kiri, biasanya hilang setelah sy diam tdk bergerak slma bbrapa menit, kalau kalau bergerak2 sakit itu terus ada.

    3 yhn lalu, saat kuliah, sy pernah di cek jantung oleh dokter spesialis olahraga dg cardiograph (betul ga istilahnya ya, pokoknya yg hasilnya sperti kurva gempa bumi), dokterr bilang jantung sy sehat dg dinding yg kuat. sy ceritakan ttg kjadian saat smp beliau bilang “bukan, bukan, bukan sakit jantung itu”.
    bbrp hari lalu sy kena anemia hingga sesak nafas, dan dada kiri sy kembali sakit (stlh bertahun2 tdk muncul).

    semalam tetangga sy meninggal krn angin duduk, sy baru tahu kalau itu berhubungan dg jantung.

    mungkin ada rekan2 yg mengalami hal sm dg sy, mohon berbagi pengalamannya..

    salam

  15. sbnarnya pa perbedaan yg plg mncolok antara angin du2k dengan masuk angin.?

    soalny saya pernah sesak d dada akbt beraktifitas d mlm hari.stelah sesak berkurang saya mengeluarkn angin yg berbau tdk enak dr mulut saya..

    mohon penjalsanya,trima kasih

  16. gejala awal angin duduk itu apa saja? saya sering kena sesak nafas beberapa detik saja,kadang2 juga nyeri didada.apakah itu gejala angin duduk?

  17. Waktu saya masih kelas 2 SLTA, sekitar tahun 1985 saya pernah tiba-tiba tidak bergerak sama sekali saat duduk di kursi dengan kaki terlipat. Kemudian oleh teman-teman saya di bawa ke ahli pijat saraf, dikatakan saya terserang angin duduk. Kemudian pinggang dan jari kaki dipijat dan alhamdulillah seketika sembuh. Kemudian pada tahun 1990 saya pernah tiba-tiba pingsan waktu istirahat dan ngobrol santai dengan teman sekantor, saya sempat mengeluh dada saya sakit ke teman tersebut dan tahu-tahu saya sudah ada di rs. Hasil pemeriksaan saya dikatakan normal saja, jantung saya juga dikatakan normal.
    18 tahun kemudian gejala itu muncul lagi, bahkan untuk bernafaspun sakit, sehingga saya harus menahan laju nafas saya sampai normal kembali. Kebetulan ada teman saya yang menawari periksa dengan metode iridiologi oleh DR. Dewi dari Bandung, dan saya dinyatakan sakit penyumbatan pembuluh darah di bagian belakang kepala karena terlalu banyak mengkonsumsi gorengan dan garam. Saya gemar gorengan dan suka makanan yang cenderung asin. Kemudian saya disarankan dengan terapi herbal. Selama 3 bulan banyak perkembangan yang saya rasakan, sakit tersebut tidak saya rasakan lagi. namun karena terapi tersebut mahal, terapi hanya saya jalani selama 3 bulan saja. Setelah 2 tahun berlalu rasa sakit tersebut muncul kembali sampai kini. Adakah herbat yang murah dan praktis untuk pengobatan tersebut, mohon informasi selengkapnya.

  18. Beberapa taun yg lalu saya pernah menderita serangan angin duduk (menurut Dr yg memeriksa pd waktu itu), dgn ciri2: dada spt ditekan, kepala pusing, keringat dingin, apakah benar itu termasuk serangan angin duduk?

    Apa berbedaan yg mendasar antara masuk angin berat dgn angin duduk? Krn kalau dilihat dari ciri2nya hampir sama.

    Trus seandainya sy pulang kantor sudah merasakan pusing, keringat dingin dan gejala masuk angin lainnya, apa yg hrs saya lakukan? apakah mandi dgn air hangat dahulu atau makan?

    Pencagahan dan tindakan apa yg paling tepat untuk mengatasi masalah Angin Duduk?
    Mohon informasi selengkapnya di Email saya.
    Terima kasih atas infonya

  19. Sudah 17 hari kakak sepupu saya meninggal. Ketika melihat jasadnya, di sekitar leher dan punggung kebiru-biruan dan dimulutnya keluar air liur berbusa. Beberapa hari sebelumnya dia mengeluh sakit dan minta dikerokin sama rekan kerjanya, dan di tempat tidur dia ada obat pereda sakit yang bisa dibeli warung biasa.
    Yang saya ingin tanyakan, apakah karena masuk angin merupkan penyebab utama munculnya penyakit itu ?.
    Saya mohon informasi selengkapnya tentang penyakit tersebut, dan terima kasih sebelumnya.

  20. saya terkadang sakit nyeri dipunggung kanan dan tembus ke dada, saya perkirakan ini angin duduk, saya pernah pergi ke apotik menanyakan aspirin tetapi sudah tidak ada. obat lain selain aspirin untuk angin duduk ini apa? tolong kirimkan jawabannya ke email saya, karena ini penting

  21. waktu jam 5 sore tiba2 perut sebelah kanan bawah sakit tak tertahan, keringat dingin mulai keluar karena menahan sakit lalu saya olesi minyak kayu putih dan pinggang saya bekam terus rasa sakitnya agak reda, tapi habis makan kambuh lagi akhirnya di suntik ama mbak bidan. memang gejala awalnya payah buang air kecil dan juga air besar..apa saya terkena serangan angin duduk?

  22. ah, usman mah rese
    orang2 lagi pada bingung
    kasian lagi
    hm… memang kudu ada forum untuk menampung pertanyaan yang bejibun ini
    kudu ada yang bisa ngejelasin ini masalah
    sharing solusi

    kalau memang lebih banyak yang bingung mau bagaimana lagi

    hue.. jaga makanan deh
    jangan gemuk2

  23. salam kenal smua, saya andro mohon bantuan info ya.
    dulu saya pernah rasa sakit sudah beberapa tahun yg lalu tp saya lupa bagian dada ato punggung, trus sy dipijitin tetap gak ada perubahan lalu dikerok, merah memang seperti masuk angin jg tidak ada perubahan, menurut temen mungkin angin duduk. saya disuruh minum jamu ARMA, setelah minum terasa tidur enak nyenyak, dan besok paginya serasa tidak pernah alami sakit/sembuh hingga tahun kemarin. dan jamu ARMA itu sudah tiraik pemerintah tidak boleh di pasarkan lg. tahun kemarin saya alami sakit lg di bagian belakang punggung kanan tengah jika bergerak sedikit terasa sakitnya minta ampun hingga tdk bisa bernafas/sesak saya minum jamu kalau tdk salah jamu FLU TULANG dan sembuh jg. tgl 11-7-2009 kemarin jg sakit tdk kuat jln dipijit n dikerok juga tidak ada perubahan, malamnya saya minum jamu FLU TULANG lg sekarang terasa lebih baikan cuma belum total.
    pertanyaan saya apakah ini termasuk angin duduk/jantung koroner…?
    obat apa yg harus saya minum ?
    mohon bantuan teman2 untuk informasinya

    salam

  24. afwan sy sugita-herbalia hpa-grobogan…penyebab utama serangan jantung;angian.krn bs memicu gerak jantung tdk stabil,trmsk stop gerak.dg sikond koroner pmbuluh drh skitar jantung.ini bs fatal akibatnya/kmatian..angin krn pncernakan,pola hdp slh,srees,pola makan buruk,proses kimia tbh dll.ada angin perut.angin drh,angin sendi dll.serngan krn angin jd parah trgantung organ/lokasi gangguan angin..jd self healing bs jd utk intropeksi diri.dg intropeksi diri bs antisipasi tingkat serangan angin…jd angin duduk sm dg jantung koroner sy kurang setuju…alohualam…

  25. Sore,Dok.sya mo tnya knpa ya kpla sya ska pusing,keluar kringat dingin,dada brdebar-debar.kmrn sya chek up tknan drh sya normal.kolesterol nya jg normal.ini sdh da 3 bln.pa ni gjla angin du2k/jantung?
    Sya mhon jwban nya dr dokter.terima kasih..

  26. Baru saja tadi pagi teman saya meninggal dunia disebabkan oleh angin duduk itu (SSJKA) sayang sekali yah, tidak ada info lebih lanjut dari pihak dinas kesehatan agar masyarakat dapat mencegah atau bertindak jika ada seseorg yang terkena angin duduk tersebut….

  27. jd pengen ikutan sharing…

    dengan beberapa teman di atas pengalaman saya juga hampir sama.hanya saja sakit yang saya rasakan bukan di tengah dada sampai ulu hati melainkan di dada sebelah kiri.

    saya tdk terlalu ingat persis kapan pertama kali mengalaminya. tapi kejadian ini mulai jadi perhatian saya sejak saya mengalami serangan saat saya masih duduk di bangku SMP kelas 2. waktu itu tepat pulang sekolah. saya baru saja keluar kelas dan masih berada di halaman sekolah ketika tiba-tiba dada sebelah kiri saya sakit. kalau istilah saya, rasanya jantung saya seperti kejepit. saya langsung berhenti berjalan. mencoba untuk tarik nafas dalam2. perlahan saya tarik nafas, ternyata malah makin sakit dada saya. saya bermaksud mau ke pinggir pekarangan coba buat duduk. krn gak enak juga matung di tengah ramainya anak2 sekolah yg berkeliaran. tapi waktu saya langkahkan kaki, sakitnya juga makin terasa. saya gerakin tangan kiri juga sakit di dada saya makin terasa. cuma tangan kanan yang bisa saya gerakan coba menekan-nekan dada kiri saya. gak ngaruh.
    ya udah saya cuma berdiri aja sambil ngatur nafas saya pendek-pendek supaya gak sakit.
    gak sampai 5 menit baru sakitnya hilang…
    sejak saat itu saya jd mikir, apa itu serangan jantung ya? masak sih saya yang masih smp udah kena serangan jantung? ah gak mungkin! pikir saya.
    meskipun jarang serangan itu terus berulang dlm frekwensi paling tidak setahun sekali. dan cenderung hanya 2-3 menit.
    sampai pada suatu hr ketika saya duduk di kelas 3 SMA. sepulang sekolah dada saya sakit lagi. krn setelah 5 menit sakitnya gak hilang saya paksakan bergerak. bisa tapi pelaaaaaaaaan sekali. saya jalan pelan2 sambil nahan sakit. saya minta tolong teman antarkan saya pulang dengan motornya. krn jarak sekolah dgn rumah saya tidak terlalu jauh. sampai di rumah saya cuma bisa berbaring miring ke kiri. krna kalau tidur telentang atau miring ke kanan terasa sakit sekali. saat itu adalah serangan yg paling lama saya rasakan karena terjadi sekitar jam setengah 12 siang sampai jam 5 sore.
    keesokan harinya saya ke RS Sumber Waras. dokter yang memeriksa menganjurkan saya rekam jantung tapi tidak saya lakukan krn saya pikir, percuma diperiksa kalau sakitnya sedang tidak terasa.
    tapi diagnosanya dokter otot saya tegang trus saya kurang kalsium jd saya dikasih obat buat nambah kalsium. setelah beberapa kali minum obat itu, saya putuskan untuk tidak saya teruskan krn saya merasa tidak ada pengaruhnya.

    sampai saat ini serangan itu masih terjadi tiap tahunnya. paling lama 15 menit. usia saya sekarang 26 tahun dan sedang hamil anak pertama. usia kandungan saya sekitar 15 minggu/3bln lebih.serangan terakhir terjadi sekitar sebulan yang lalu. untungnya saya sedang di rumh. saya duduk bersandar di tempat tidur sambil mengatur nafas. berlangsung sekitar 15 menit.
    tapi kali ini saya agak khawatir, mudah2an serangan itu tidak terjadi saat proses melahirkan nanti…

  28. Saya terserang angin duduk (mungkin)dari jam 11mlm s/d jam3pagi dada skt tangan skt sblh.tuk ngilangin skt naruh strika on didada tp dak trasa pns kaos 3 smunya basah oleh kringat,akibatnya hlg nps mkn,mlt trasa asem bdn lesu,itu berlangsung 3minggu tuk nrml kmbali bdn lebih krg 1 bln. Btl kah itu angin duduk ? Akankah penykt tsb datang lagi ?

  29. bgn tdr pagi tiba tiba saya merasa nyeri dipunggung dkt tulang belikat sampe tembus keulu hati saya trus saya merasa napas seperti tertahan. Memang da bbrp hr ini saya merasakan nyeri dipunggung perut terasa gembung & badan lemas. Apa saya trsrng penyakit duduk? Trus obat’a apa?

  30. pernah suatu malam kira2 jam 11.30. Perutku terasa tegang/ keras ( sangat keras ) dan disertai rasa yang teramat sangat sakit. Kata kawan-kawan ini angin duduk. Kurang lebih setengah jam kemudian saya dibawa ke RS. Dan diberi obat maaf melalui dubur. Trus berangsur perutku lemas dan sakitnya berkurang. Apa ya ini ?

    • Menurut aku angin duduk itu bisa datang kapan saja……….
      angin duduk berawal dari masuk angin biasa dan nanti angin akan beredar keseluruh tubuh dan akan mengakibatkan pembekuan pada darah dan dapat menimbulkan penyempitan pembuluh darah.

      akibat dari hal tersebut kita akan merasakan kembung pada perut,badan meriang,n kepala pusing.

      untuh mencegah hal tersebut anda bisa meng konsumsi sebuah obat yang bernama SHA YAO WAN.OBAT INI ADALAH PREODUK DARI CINA YANG BERKASIAT UNTUK MENGHINDARI ANGIN DUDUK.dan sudah banyak terbukti kalau obat ini insya alloh ampuh untuk menghindari kita dari angin duduk.

  31. Apakah hanya orang yang punya kolesterol tinggi yan terkena sindrom serangan jantung koroner akut , apakah orang yang punya maag kemungkinan bisa juga? trima kasih

  32. tadi malem adik saya yang tercinta telah meninggal dunia di karena kan sakit angin duduk… :(
    semoga amal dan ibadahnya diterima oleh ALLAH SWT
    amin

  33. baru 2 hari ini tetangga saya meninggal dan dia masih muda, usianya sekitar 30 tahun. Dia meninggal dikarenakan angn duduk….karena itu saya ingn tahu lebig detail penyebab penyakit ini sebenarnya,,,,,

  34. astaghfirullah…
    qhue jd inged alm. bapak qhue yg wafat krn penyakit angin duduk!!
    Alhamdulillah saat wafat dalam keadaan khusnul khotimah.
    mudah2′an qt cmua termasuk orang2 yg seperti itu.
    amien…

  35. Ibu mertua saya baru kemaren meninggal karena angin duduk/SJKA. Sehabis menonton sinetron “Cinta Fitri” dan kesal dengan salah satu tokohnya. Tak lama nafasnya sesak. Kerokan di dadanya membuat nafasnya tambah sesak. Waktu itu saya tidak ada di TKP jadi tak ada yang tahu tentang SJKA ini. Semuanya memang sangat cepat. Kata-kata terakhirnya hanya,”Astagfirullahal’azim..” berkali-kali.

  36. Terima kasih se banyak-banyakna atas indormasina, 3 hari yg lalu saya mengalami hal yg sama seperti diatas, nyeri di sebelah kanan punggung saya…
    dan sesak di bagian punggung saya…

  37. Dua hari yg lalu jam 4 sore sy mengalami nyeri dada sebelah kiri sampai susah b’gerak dan nafas sesak,3 jam kmudian sakitnya pindah kesamping dan sy tdk bisa tidur krn rasanya sakit sekali. Skitar jam 3 pagi baru bisa tidur. Pagi harinya sakitnya pindah k bagian belakang bagian kiri sampai tangn tdk bisa digerakin. Sy k dokter jantung dan di EKG tp kata dokternya tdk ada apa2 dan tensi sy normal. Sy tdk diksh obat,akhirnya pulang dgn rasa sakit. Apakah ini disebut angin duduk? Mohon dijawab lewat emaik sy, trimakash.

  38. say adalah seorang mahasiswa dngan stumpuk kgiatan,,saya aktif d banyak organisasi intra dan extrad kampus,,slain itu saya juga bekerja sambilan sebagai penjaga warnet 24 jam dan saya ambil shift malam yaitu skitat pkul 18.00 sampe pagi,,otomatis saya harus selalu begadang n nyaris tidak punya waktu utuk istirahat,,suatu siang ketika saya bangun tiba-tiba saya tidak bisa menggerakkan badanku,,dada tersa nyeri seperti habis menerima pukulan,,susah menarik nafas dan usus seperti di pelintir,,yang ingin saya tanyakan apakah ini namanya ANGIN DUDUK????BAGAIMANA CARA MENGOBATINYA???
    terima kasih banyak atas bantuannya

  39. Usia saya 48 thn saya berkeluarga perokok, pemancing, dan kurang tidur (tidur selalu diatas jam 24.00)
    Soal masuk angin dengan gejala, pegal, linu mual dsb sampai masuk angin kasep aku pernah alami.
    Tapi suatu saat aku merasa capai, pegal2, tiba2 terasa terserang masuk angin yang hebat dan mendadak, menekan bagian lambung sampai ke atas dan tarasa sakit sekali.
    Saya mencoba tenang dan berdoa. Saya beringat dingin menahan sakit di dada lalu saya menahan bagian lambung dengan tangan kiri dan tangan kanan saya tarik kesaimoing kana dan belakang sambil berusaha menarik nafas dan melepas nafas dengan pelan. Syukur hal ini berhasil saya lanjutkan dengan minum air putih hangat. Akhirnya saya bersendawa secara bertahap beberapa kali.Setelah itu lega rasanya. Malamnya saya minum banyak air oksigen dengan asumsi agar darah atau jantung, paru2 mendapat asupan oksigen cukup. Setelah itu saya rajin minium air oksigen. Memang terasa benar minum air yang mengandung oksigen sangat membantu kesehatan saya. Saya jarang masuk angin.

    Menurut cerita dari teman pemancing, teman kita juga meninggal seketika padahal habis mancing bersama dan pulang bersama dan sebelumnya tanpa ada keluhan.

    Bahkan mungkin menurut saya serangan masuk angin ini bisa menekan pembuluh nadi dekat jantung yang dapat menghentikan kegiatan jantung sehingan orang yang terkena merasakan sakit didada mual dan berkeringat dingin.

    Marilah kita se;lalu waspada dan berdoa. Banyak-banyak lah minum air putih. Tidak ada negatifnya justru banyak posiitifnya.
    sekian

    .

  40. saya mau tanya..saya merasakn semua gejala angin duduk yang disebutkan diatas tadi. Lalu kemana saya mesti berobat pada dokter yang tepat??
    apakah ada yg tau dokter yg tepat untuk ditanyai soal angin duduk ini. Mohon referensi plus alamat lengkapnya. Kalo bisa yang di daerah jakarta. Krna domisili saya di jakarta. Tolong bgd untuk segera di balas. Thanks

  41. dokter saya sering mengalami gejala2 seperti yang di sebutkan di atas, kepala pusing, kunang2 perut mual ulu hati sakit dada pun sesak dan sulit bernafas sehingga menyebabkan punggung belakang kanan saya nyeri, dan keluar keringat dingin, apa ini termasuk gejala jantung koroner dan angin duduk? jika harus memeriksakan saya harus kmn dan apa yang harus saya bilang?

  42. ikutan sharing ah… sebenarnya serangan angin yg ngduduki tubuh kt tu adalah disebabkan oleh aliran darah yg ke jantung tersumbat,jd mandeg di biasana di ulu ati,dada,jd mengakibatkan terasa sakit dan nafas terasa sesak. Menurut abbah mah kalo kita rutin jaga badan dgn olah raga Insya Allah badan terasa segaarrr… ( olah raga yg sesuai porsi ajah ). smga kita dijauhkan dari angin yg jahat… salam semuanyah…:)

  43. angin duduk ternyata sama bahaya nya dengan penyakit stadium akhir….
    karna penyakit ini datang secara tiba-tiba..sedang kan penyakit stadium akhir itu masih membutuh kaN waktu brtahun” untuk pemulihan ato bisa dberitahukan kapan saja kita meninggal…
    cukup mengerikan…karena teman saya ada yang terkena penyakit angin duduk…dari nama nya biasa saja namun cukup mematikan…subhannallah…..
    inti nya jaga makanan…konsumsi makanan sehat yg tidak banyak mengandung minyak..
    dan harus di sertai dengan olahraga….

  44. Aslm. Sy sudah 3 hari merasakan perut kembung, nyeri perut dan dada saat brnafas, dan seperti tersumbat saat nafas. Sy jg sudah kerok dan gosok minyak tp blm ada hasil. Hanya sj sy sering sendawa ttpi jarang/sulit utk buang gas padahal perut kiri dan kanan seperti ada isinya, kembung.. Apakah hal trsebut angin duduk?

  45. baru tadi pagi saya alami sakit dibagian dada..setelah sampai kantor saya check di google tentang angin duduk.nyeri di bagian dada kiri tapi tidak disertai dengan keringat dingin apa itu jg termasuk angin duduk?

  46. kalau yg dirasa perut bagian atas atw perut bagian bawah yang melilit kemudian hilang lalu datang lagi rasa lilitan itu dan hilang lagi, jadi selang seling, tapi rasa lilitan itu dari yg samar2 dan jauh sampai yang sakit banget, tanpa dibarengi penjalaran kebagian anggota tubuh lainnya………..apakah ini juga disebut angin duduk yang berarti SSJKA, utk tambahan info…usia saya saat ini 57 tahun seorang ibu dengan 2 putri, satu putra dan satu cucu putri sedangkan suami telah meninggal hampir 5 tahun yang lalu.
    kemudian untuk penjagaannya, kemana saya pergi harus membawa obat antinya……bisa tidak dengan aspirin baby, aspirin yang bentuknya kecil2….saya kurang tahu apakah ada di indonesia atau tidak, karena obat itu saya disuplay anak saya dari USA.
    tolong saya minta penjelasan dan jawabannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  47. saya terlalu seirng mengalaminya. apa kah penyakit ini gg bisa di sembuhkan & boleh tau gg penanganan awal nya sebelum ke rumah sakit. Kirim ke email ku ya.

  48. baru tadi pagi kambuh angin duduk ku, baru tau itu bukn angin biasa.
    sdh 3 thun berturut turut selalu menghmpiri.
    selang 3 bulan pnykit ini mampir k tbuhku..
    ntung sj bnyk tman yg mau berbagi solusiny,
    coba saja minum bandrek panas tpi tnpa susu. stelah minum bandrek rasa sakitnya tdk sprah dulu, karena selalu bersendawa dan badan hangat terus.

    gejala seblum trkenanya> prut terasa gembung walau sudah buang air kecil,,,
    > jgn coba2 mnum2an dingin dan segala jenis mie, it sangat memperparah

    benar adaya pnyumbatan pembuluh darah jantung, karena kolesterol atau lemak jahat.
    solusiny (sangat penting) cukup olahraga dan jangan trlalu gemuk bdannya.

  49. saya pernah sakit , kata dokter sih kolik
    tapi kok sakitnya sampe dada trus menjalar ke tangan gitu, nafaspun sakit banged

    trus saya cari artikel katanya itu kolik atau kram perut
    katanya klo sampe ke hati ,itu bisa menyebabkan angn duduk ,

    benar ta itu??

  50. Saya pernah sakit ditengah dada(ditengah antara payudara) rasanya nyeri sampai 1 minggu. Saya pergi cek darah (hati, ginjal, asam urat, gula) hasilnya bagus semua. Dan saya juga ke dokter jantung tapi menurut dokternya bagus bagus saja. Sekarang saya sudah tidak merasakan sakit, tapi kadang2 nyeri tapi tidak terlalu sekitar 10 detik berhenti. Saya mau menanyakan sebenarnya sakit apa yang saya derita. Terima kasih.

  51. beberapa hari yang lalu, saya merasakan sakit di sekitar dada sebelah kanan, lalu 2 hari kemudian menjalar ke punggung, rasanya agak sesak, nyeri, dan seperti ditekan..apakah itu angin duduk?

  52. mau ikutan tanya….
    kalo penyakit angin duduk,,apakah memang susah jika berjalan…???mkacie
    mohon diberi gambaran ringkas bagaimana cara yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut….

  53. saya baru sekitar sebulan menderita sakit dada sebelah kanan,dan kadang tembus sampai ke belakang saya.apakah itu termasuk angin duduk? apa penyakit yang kira-kira saya derita?

  54. tetangga temen saya ada yang baru meninggal,penyebabnya,suatu malam dia hujan-hujanan lalu buka baju dan kipas anginan,tapi selain kipas anginan,dia juga mengipas-ngipas menggunakan entah kipas atau buku,dan setelah itu meninggal..apakah itu juga disebut penyakit angin duduk???

  55. Saat ini saya seperti hampir mengalami gejala yang sama.
    Pertama-tama susah BAB, perut kembung, muntah, dan selang sehari kemudian perut terasa sakit dan ketika menarik nafas punggung sebelah kiri terasa sakit. sampai sekarang menjalar ke bagian punggung kanan dan sakit di bagian ulu hati. kalau ada saudara/i bisa bantu tolong bisa dibalas ke e-mail saya.

  56. sy udah 2 ngalamin hal sperti yg di jlaskan di atas memang rasa sakitnya luarbiasa untung ada kel di dekat sy
    gag pernah kebanyang klw g ada org lain…..
    dan info nya terimakasih sy mw nanya apa aspirin ga da efeknya jika sy mempunyai maag yg akut

  57. Sudah 1 minggu sakit angin duduk, berawal salah tidur rusuk kiri naik ke punggung kiri lalu bahu lanjut leher, terakhir dada. Sangat sakit pas batuk….. rasanya badan kiri ini pingin diamputasi aja.

  58. Aqu dah 3 buln mendrita penyakit dada kiri dan perut kiri sakit juga panas trus di bayangi takut yang berlebihan, pernah periksa kedokter tpi penjelasan kurang jelas. Tpi aqu periksa kedotr lain baru kena gejala SJK, tolong ada yang tau ga gemana cra penyembuhanya trima kasih.

  59. Dada saya berasa sakiT bangaT,,n keringat dingin,,tegaH malam sampai pagii saya tidak bisa tiduuR,,skali Pun tidurr,saya selalu mengigau,n bayangan pusing,,serta muntah2..n pala sebelah kanan sakit,n rahang kanan sakit apa tu tanda2 angin duduk..n jantung koroner..mohon jawaban’y

  60. Stackable bins can be a need to when moving home, irrespective of self-drive lorrie hire or perhaps removing firm truck. Tough natural, recyclable packing containers that may be used again over and over again work best choice for recurrent residence goes as well as for long-term safe-keeping – regardless of where your home proceed occurs. There is nothing more annoying compared to needing to refill many times, as the uncomfortable method by which the situation is jam-packed avoid a totally filled lorrie creating a single tour then one trip just.

  61. hmpir menjelng pg bila sy kedinginan,bangun dgn ulu ht sakit & tangan ngilu lemes.
    Apa obat utk sembuhknnya,
    Email dtggu

  62. Setelah bpk mninggal sekitar 2 mnggu, saya rasa saya alami sessak nafas dan punggung kiri sakit, memang saya ada riwayat maag, ke dokter di kasih obat maag dan pnghlang nyeri. Tp klo obat habis, nyeri punggung ada lagi. Kira2 kenapa ya dgn saya ini..? Memang aku stres berat gara2 bpk udah ngga ada lagi. Tapi saat ini aku udah ngga stress, tapi sakit nya masih bersisa

  63. hampir satu minggu punggung sebelah kiri sakit sekali, apalagi kalau posisi tidur dada terasa sesak, sulit untuk bersendawa, kadang rasa sakit menjalar hingga ke punggung bagian tengah menusuk kedada, sakit ini sangat mengganggu ketika saat tidur, mohon jawabannya, makasih

  64. saya sering ngalamin sesak nafas pada saat duduk, kadang lagi tidur juga, saat kondisi perut lagi gak PW pun saya merasa sesak dibagian ulu hati, saya pernah dirujuk ke dokter spesialis jantung, tapi pada saat USG jantung saya baik-baik aja, saya pernah ga bisa tidur akibat sesak nafas dan seperti seluruh badan ini kesemutan, tangan dan kaki kaku, badan dingin, sampai jam 3 pagi dibawa ke IGD tapi tidak dianggap serius, padahal saya sangat tersiksa pada saat itu. sebenernya ini kasus medis apa? apakah seperti yang tersebut diatas atau bagaimana? mohon bantuannya.

  65. tlg kasih aku solusi,. aku sakit perut udah 1 mingguan blm smbuh2 jg. pnggung pegel, harus tahn nafas biar reda,. tp ga bsa bt gerak, klo gerak sakit bgt. plise… udah priksa, udah urut tp masih skt aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s