Kehidupan Setelah Mati (Tahapan Perjalanan Manusia Menuju Akhirat)

Sumber : http://www.taushiyah-online.com

(Tahapan Perjalanan Manusia Menuju Hari Kebangkitan di Akhirat)
Setelah manusia mati akan mengalami tahapan sbb :

1.Alam Barzakh

Para salaf bersepakat tentang kebenaran adzab Dan nikmat yang Ada di alam kubur (barzakh) . Nikmat tersebut merupakan nikmat yang hakiki, begitu pula adzabnya, bukan sekedar bayangan atau perasaan sebagaimana diklaim oleh kebanyakan ahli bid’ah. Pertanyaan (fitnah) kubur itu berlaku terhadap ruh Dan jasad manusia baik orang mukmin maupun kafir. Dalam sebuah hadits shahih disebutkan Rasulullah SAW selalu berlindung kepada Allah SWT dari siksa kubur. Rasulullah SAW menyebutkan sebagian dari pelaku maksiat yang akan mendapatkan adzab kubur, diantaranya mereka yang

A. Suka mengadu domba
B. Suka berbuat ghulul
C. Berbuat kebohongan
D. Membaca Al Qur’an tetapi tidak melaksanakan apa yang diperintahkan Dan yang dilarang      dalam Al’Qur’an
E. Melakukan zina
F. Memakan riba
G. Belum membayar hutang setelah mati (orang yang berhutang akan tertahan tidak masuk surga karena hutangnya)
H. Tidak bersuci setelah buang air kecil, shg masih bernajis
Adapun yang dapat menyelamatkan seseorang dari siksa kubur adalah Shalat wajib, shaum, zakat, Dan perbuatan baik berupa kejujuran, menyambung
Silaturahim, segala perbuatan yang ma’ruf Dan berbuat baik kepada manusia , juga berlindung kepada Allah SWT dari adzab kubur.

2. Peniupan Sangkakala


Sangkakala adalah terompet yang ditiup oleh malaikat Israfil yang menunggu kapan diperintahkan Allah SWT. Tiupan yang pertama akan mengejutkan manusia Dan membinasakan mereka dengan kehendak Allah SWT, spt dijelaskan pada Al Qur’an :

“Dan ditiuplah sangkakala maka matilah semua yang di langit Dan di bumi, kecuali apa yang dikehendaki oleh Allah SWT”( QS. Az Zumar :68 ).

Tiupan ini akan mengguncang seluruh alam dengan guncangan yang keras Dan hebat sehingga merusak seluruh susunan alam yang sempurna ini. Ia akan membuat gunung menjadi rata, bintang bertabrakan, matahari akan digulung, lalu hilanglah cahaya seluruh benda-benda di alam semesta. Setelah I TU keadaan alam semesta kembali seperti awal penciptaannya.

Allah SWT menggambarkan kedahsyatan saat kehancuran tersebut sebagaimana firman-Nya : ” Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya kegoncangan Hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat). (Ingatlah) pada Hari (ketika) kamu melihat kegoncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya Dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, Dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi adzab Allah itu sangat keras” (QS.Al Hajj:1-2).

Sedangkan pada tiupan sangkakala yang kedua adalah tiupan untuk membangkitkan seluruh manusia ; “Dan tiupan sangkakala (kedua), maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Rabb mereka.(QS. Yaa Siin : 51).

Rasulullah SAW bersabda, “Kemudian ditiuplah sangkakala, dimana tidak seorangpun tersisa kecuali semuanya akan dibinasakan. Lalu Allah SWT menurunkan hujan seperti embun atau bayang-bayang, lalu tumbuhlah jasad manusia.Kemudian sangkakala yang kedua ditiup kembali, Dan manusia pun bermunculan (bangkit) Dan berdiri”.(HR. Muslim).

3.Hari Berbangkit
“Pada Hari ketika mereka dibangkitkan Allah semuanya, lalu diberitakannya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan (mencatat) perbuatan itu, padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Maha menyaksikan segala sesuatu”. (QS. Al Mujadilah : 6).

4.Padang Mahsyar
“(Yaitu) pada Hari (ketika ) bumi diganti dengan bumi yang lain Dan (demikian pula) langit Dan mereka semuanya di padang Mahsyar berkumpul menghadap ke hadirat Allah Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa”.(QS. Ibrahim:48).

Hasr adalah pengumpulan seluruh mahluk pada Hari kiamat untuk dihisap Dan diambil keputusannaya. Lamanya di Padang Mahsyar adalah satu Hari yang berbanding 50.000 tahun di dunia. Allah berfirman:
“Malaikat-malaikat Dan Jibril naik (menghadap) kepada Rabb dalam sehari yang kadarnya 50.000 tahun.(QS. Al Maarij:4).
Karena amat lamanya Hari itu, manusia merasa hidup mereka di dunia ini hanya seperti satu jam saja.

Dan (ingatlah) akan Hari (yang di waktu itu) Allah mengumpulkan mereka, (mereka merasa di Hari itu) seakan-akan mereka tidak pernah berdiam (di dunia) kecuali hanya sesaat saja di siang Hari. (QS.Yunus:45).

“Dan pada Hari terjadinya kiamat, bersumpahlah orang-orang yang berdosa, bahwa mereka tidak berdiam (dalam kubur) melainkan sesaat saja” (QS. ArRuum:55).

Adapun orang yang beriman merasakan lama pada Hari itu seperti waktu antara dhuhur Dan ashar saja. Subhanallah.

Keadaan orang kafir saat itu sebagaimana firman-Nya.”Orang kafir ingin seandainya IA dapat menebus dirinya dari adzab Hari itu dengan anak-anaknya, dengan istri serta saudaranya, Dan kaum familinya yang melindunginya ketika di dunia, Dan orang-orang di atas bumi seluruhnya, kemudian (mengharapkan) tebusan itu dapat menyelamatkannya”.(QS.AlMa’arij:11-14).

5. Syafa’at
Syafaat ini khusus hanya untuk umat Muslim, dengan syarat tidak berbuat syirik besar yang menyebabkan kepada kekafiran. Adapun bagi orang musyrik, kafir Dan munafik, maka tidak Ada syafaat bagi mereka.

Syafaat ini diberikan Rasulullah SAW kepada umat Muslim (dengan izin dari Allah SWT).

6. Hisab
Pada tahap (fase) ini, Allah SWT menunjukkan amal-amal yang mereka perbuat dan ucapan yang mereka lontarkan, serta segala yang terjadi dalam kehidupan dunia baik berupa keimanan, keistiqomahan atau kekafiran.

Setiap manusia berlutut di atas lutut mereka. “Dan kamu lihat tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya . Pada hari itu kamu diberi balasan terhadap apa yang kamu kerjakan. (QS. Al Jatsiah:28).

Umat yang pertama kali dihisab adalah umat Muhammad SAW, kita umat yang terakhir tapi yang pertama dihisab. Yang pertama kali dihisab dari hak-hak Allah pada seorang hamba adalah Shalatnya, sedang yang pertama kali diadili diantara manusia adalah urusan darah.

Allah SWT mengatakan kepada orang kafir : “Dan kamu tidak melakukan suatu pekerjaan melainkan Kami menjadi saksi atasmu diwaktu kamu melakukannya”.(QS. Yunus:61). Seluruh anggota badan juga akan menjadi saksi.

Allah bertanya kepada hamba-Nya tentang apa yang telah ia kerjakan di dunia : “Maka demi Rabbmu, kami pasti akan menanyai mereka semua tentang apa yang akan mereke kerjakan dahulu”.(Al Hijr:92-93).

Seorang hamba akan ditanya tentang hal : umurnya, masa mudanya, hartanya dan amalnya dan akan ditanya tentang nikmat yang ia nikmati.

7. Pembagian catatan amal
Pada detik-detik terakhir hari perhitungan , setiap hamba akan diberi kitab (amal) nya yang mencakup lembaran-lembaran yang lengkap tentang amalan yang telah ia kerjakan di dunia.

Al Kitab di sini merupakan lembaran-lembaran yang berisi catatan amal yang ditulis oleh malaikat yang ditugaskan oleh Allah SWT.

Manusia yang baik amalnya selama di dunia, akan menerima catatan amal dari sebelah kanan. Sedangkan manusia yang jelek amalnya akan
menerima catatan amal dari belakang dan sebelah kiri, spt pada firman Allah berikut ini:

“Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya, maka ia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah, dan ia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira. Adapun orang yang diberikan kitabnya dari belakang, maka ia akan berteriak : “celakalah aku”, dan ia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)”,(QS. Al Insyiqaq:8-12) .

“Adapun orang yang diberikan kepadanya kitabnya dari sebelah kirinya, maka dia berkata:”wahai alangkah baiknya kiranya tidak diberikan kepadaku kitabku (ini), dan aku tidak mengetahui apa hisab terhadap diriku.Wahai kiranya kematian itulah yang menyelesaikan segala sesuatu.Hartaku sekali-kali tidak memberi manfaat kepadaku.Telah hilang kekuasaanku dariku” (Allah berfirman): “Peganglah dia lalu belenggulah tangannya ke lehernya”, kemudian masukkanlah dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala”.(QS. Al Haqqah:25 31).

8. Mizan
Mizan adalah apa yang Allah letakkan pada hari kiamat untuk menimbang amalan hamba-hamba-Nya. Allah berfirman : “Dan kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah seorang dirugikan walau sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya.Dan cukuplah Kami sebagai Pembuat perhitungan”.(QS. Al Anbiya:47)
Setelah tahapan Mizan ini, bagi yang kafir, dan mereka yang melakukan perbuatan syirik akan masuk neraka.

Sedangkan umat muslim lainnya, akan melalui tahap selanjutnya yaitu Telaga

9. Telaga
Umat Muhammad SAW akan mendatangi air pada telaga tsb. Barang siapa minum dari telaga tsb maka ia tidak akan haus selamanya. Setiap Nabi mempunyai telaga masing-masing. Telaga Rasulullah SAW lebih besar, lebih agung dan lebih luas dari yang lain, sebagaimana sabdanya :

Sesungguhnya setiap Nabi mempunyai telaga dan sesungguhnya mereka berlomba untuk mendapatkan lebih banyak pengikutnya di antara mereka dan sesungguhnya Nabi Muhammad mngharapkan agar menjadikan pengikutnya yang lebih banyak (HR. Bukhari Muslim).

Setelah Telaga, umat muslim akan ke tahap selanjutnya yaitu tahap Ujian Keimanan Seseorang. Perlu dicatat bahwa orang kafir dan orang yang berbuat syirik sudah masuk neraka (setelah tahap Mizan, seperti dijelaskan di atas).

10.Ujian Keimanan Seseorang
Selama di dunia, orang munafik terlihat seperti orang beriman karena mereka menampakkan keislamannya. Pada fase inilah kepalsuan iman mereka akan diketahui, diantaranya cahaya mereka redup. Mereka tidak mampu bersujud sebagaimana sujudnya orang mukmin. Saat digiring, orang-orang munafik ini merengek-rengek agar orang-orang mukmin menunggu dan menuntun jalannya.Karena saat itu benar-benar gelap dan tidak ada petunjuk kecuali cahaya yang ada pada tubuh mereka.

Allah SWT berfirman,”Pada hari ketika orang-orang munafik laki-laki dan perempuan berkata kepada orang-orang beriman:”Tunggulah kami supaya kami dapat mengambil sebahagian dari cahayamu”.Dikatakan (kepada mereka):”Kembalilah kamu ke belakang dan carilah sendiri cahaya (untukmu)”.Lalu diadakan diantara mereka dinding yang mempunyai pintu.Di sebelah dalamnya ada rahmat da di sebelah luarnya dari situ ada siksa.(QS.Al hadid:13).

Setelah ini umat muslim yang lolos sampai tahap Ujian Keimanan Seseorang ini, akan melalui Shirat.

11. Shirat
Shirath adalah jmbatan yang dibentangkan di atas neraka jahannam, untuk diseberangi orang-orang mukmin menuju Jannah (Surga).

Beberapa Hadits tentang Shirath

Sesungguhnya rasulullah SAW pernah ditanya tentang Shirath, maka beliau berkata :
Tempat menggelincirkan, di atasnya ada besi penyambar dan pengait dan tumbuhan berduri yang besar, ia mempunyai duri yang membahayakan seperti yang ada di Najd yang disebut pohon Sud’an.(HR. Muslim)

“Telah sampai kepadaku bahwasanya shirath itu lebih tipis dari rambut dan lebih tajam dari pedang”. (HR. Muslim)

“Ada yang melewati shirath laksana kejapan mata dan ada yang seperti kilat, ada yang seperti tiupan angina, ada yang terbang seperti burung dan ada yang menyerupai orang yang mengendarai kuda, ada yang selamat seratus persen, ada yang lecet-lecet dan ada juga yang ditenggelamkan di neraka jahannam”. (HR. Bukhari Muslim)

Yang paling pertama menyebarangi shirath adalah Nabi Muhammad SAW dan para pemimpin umat beliau.Beliau bersabda : “Aku dan umatku yang paling pertama yang diperbolehkan melewati shirath dan ketika itu tidak ada seorangpun yang bicara, kecuali Rasul Dan Rasul berdo’a ya Allah selamatkanlah, selamatkanlah.(HRBukhari).

Bagi umat muslim yang berhasil melalui shirath tersebut, akan ke tahap selanjutnya jembatan

12. Jembatan
Jembatan disini, bukan shirath yang letaknya di atas neraka jahannam. Jembatan ini dibentangkan setelah orang mukmin berhasil melewati shirath yang berada di atas neraka jahannam.

Rasulullah SAW bersabda : “Seorang mukmin akan dibebaskan dari api neraka, lalu mereka diberhentikan di atas jembatan antara Jannah(surga) dan neraka, mereka akan saling diqhisash antara satu sama lainnya atas kezhaliman mereka di dunia.Setelah mereka bersih dan terbebas dari segalanya, barulah mereka diizinkan masuk Jannah. Demi Dzat yang jiwa Muhammad ditangan-Nya, seorang diantara kalian lebih mengenal tempat tinggalnya di jannah daripada tempat tinggalnya di dunia”.(HR. Bukhari).

Setelah melewati jembatan ini barulah orang mukmin masuk Surga.

Kesimpulan :
Setelah penjelasan di atas tinggal kita menunggu…, apa yang akan kita alami di hari akhir nanti…, tentunya sesuai dengan apa yang kita lakukan di dunia ini…. Semoga Alah SWT memberi kekuatan dan selalu membimbing kita untuk tetap istiqomah di jalan-Nya sehingga dapat mencapai surga-Nya dan dijauhkan dari siksa neraka-Mu ya Allah…….karena kami sangat takut akan siksa neraka-Mu ya Allah……

Sumber : 
1. Hidup Sesudah Mati edisi terjemah oleh Syaikh Jasim Muhammad Al Muthawwi
2. Al Yaum Al Akhir, Juz I,II,III oleh Dr. umar Sulaiman Al Asyqar
3. Syarah Lum’atul I’tiqad Al hadi Ila Sabilir Rasyad oleh Syaikh Utsaimin
4. Tahdzib Syarah Ath thahawiyah oleh Ibnu Abil Izz Al Hanafi
5. Tadzkirah, Imam Qurthubi
6. At Takhwif Minan Naar oleh Ibnu rajab Al Hambali
7. Hadiul Arwah Ila Biladil Afrah, Ibnu Qayyim Al Jauziyah
8. Nihayatul Bidayah wan Nihayah oleh Al hafidz Ibnu Katsir
9. Ahwalun Naar oleh Muhammad Ali Al Kulaib.
Sumber :
http://www.taushiyah-online.com

About these ads

202 thoughts on “Kehidupan Setelah Mati (Tahapan Perjalanan Manusia Menuju Akhirat)

  1. Assalamulaikum w.w

    saya sangat tertarik dengan isi blog mas denny ini karena komplit dan isinya berbobot, saya berharap mas denny makin produktif menulis di blog ini untuk menambah ilmu dan wawasan bagi masyarakat.Terima kasih mas Denny semoga apa yang mas Denny sampaikan mendapat balasan yang baik dari Allah.s.w.t

  2. Assalamualaikum..

    Secara teori tulisan mas bagus sekali, tapi akan lebih bagus jika relevansinya diperkuat dengan bukti empirik yang ada. Mungkin bisa wawancara langsung dengan orang yang mati suri, meski kasus sangat spesifik tapi ini benar-benar membuktikan apakah yang dialami di alam sesudah mati secara jasad sama dengan tahapan tadi. Semoga kita semua diberi petunjuk yang benar dari yang paling benar di mata Allah SWT.

    • amiiin. saya juga ngeri sampai bulu pundak merinding. sandiwara hidup ini lom tau arah dan tujuannya akan bagaimana tapi yang terpenting bagi semua muslim hanyalah menjalankan perintah allah dan jauhi larangannya

  3. setelah saya membaca wesite ini
    saya sadar bahwasanya kita hidup di dunia hanya sementara
    hidup ini bagaikan game
    kita harus pandai mensiasati hdup
    jgn sampai terjebak pada ranjau yg pada akhirnya kiat akan mati dan masuk neraka

    thanks ya tuk yg buat website ini

    • ketika saya membaca website ini sungguh hatiku berdebar2,perasaan takut,cemas..yaalloh ampunilah semua dosa dosa ku yang pernah aq lakukan dan yang belum aq lakukan baik yg ku sengaja ataupun tidak ku sengaja sungguh hambamu ini takut akan semua siksa mu sbg balasan apa yg telah aq perbuat di dunia fana ini..allohhu akbar

  4. Ya Allah ampunilah dosa dosa dan kekhilafan hambamu ini,jadikanlah hamba ini termasuk orang yang pandai bersyukur atas segala limpahan nikmat yang engkau berikan kepada hamba….
    untuk yang punya blog ini tank ya…..

  5. Yang paling pertama menyebarangi shirath adalah Nabi Muhammad SAW dan para pemimpin umat beliau.Beliau bersabda : “Aku dan umatku yang paling pertama yang diperbolehkan melewati shirath dan ketika itu tidak ada seorangpun yang bicara, kecuali Rasul Dan Rasul berdo’a ya Allah selamatkanlah, selamatkanlah.(HRBukhari).

    Bagi umat muslim yang berhasil melalui shirath tersebut, akan ke tahap selanjutnya jembatan.

    bukannya Nabi Muhammad d\telh di jamin surga???
    mohon penjelasannya

    • itulah kepribadian yang sangat menonjol bagi Muhamad. memang betul dia di jamin akan masuk surga tapi itulah bukti kepedulian dan kecintaan Nabi Muhamad kepada umatnya. ingat, sebelum Muhamad wafat ia pernah berkata hingga berulang ulang ,, umati.. umati… umati. dan itu merupakan wujud kecintaanya pada umatnya.

    • Sama seperti hadist yang satu ini:
      Mughirah bin syu’bah r.a. pernah menyaksikan Rasulullah saw. shalat, dan ia (Mughirah) bercerita: “Rasulullah saw. berdiri (shalat) sampai bengkak kedua kakinya. Kepadanya ditanyakan: ‘Mengapa anda mebebani diri dengan hal yang demikian? bukankah Allah swt. telah mengampuni anda dari segala dosa anda, baik yang terdahulu maupun yang akan datang?’ Rasulullah saw. bersabda: ‘Tidak patutkah saya menjadi hamba Alla yang bersyukur?’”

  6. Yth, Ustaz
    Problem saya,
    Dulu bbrp tahun yg lalu saya pernah berhutang, dan sekarang sdh ada kemudahan mencari rezky, dan berniat melunasi utang yg dulu, akan tetapi orang yg saya berutang tidak tau lagi dimana sekarang. pertanyaannya: bagaimana cara melunasi utang saya, apakah saya menyedekahkan ke mesjid atau mushalla, dengan niat sebagai untuk melunasi utang saya pada seseorng yg dulupernah berhutang padanya, atau adakah solusinya, mohon jawaban yang jelas dari ustadz

  7. Ya ALLAH kami bukan ahli syurga tapi kami takut akan siksa neraka. Ya ALLah hindarkanlah kami dari siksaan api. Tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-MU Ya ALLAH. Amin Ya Rabbal Alamin.

  8. ASSALAMU’ALAIKUM
    salam kenal,teruntuk saudara-saudara semuslim.Keistiqhomahan memang menjadi barang mahal saai ini,tapi kita sebagai manusia biasa yang setiap detik melakukan dosa bukan berarti kita terus putus asa akan rahmatnya.TETAP OPTIMIS SAUDARA-SAUDARIKU JALAN DAKWAH MASIH LUAS TERBENTANG.DAN INGAT 1 HAL ALLOH ITU MAHA PENGASIH DAN PENYAYANG.SYUKRON

  9. Alhamdllah..saya bs menemukan blog ini. Isinya bner2 brmanfaat. Saya jd lbh bertambah pengetahuan tentang kehidupan setelah mati. Sebelumnya wkt diskolah hny sbgian bsarnya saja. Bgian minum ditelaga blm prnh dgr dan jembatan stelah shirath.

    sungguh sajian yg layak disimak..mg2 laen wkt dpt menyajikan tlisan yg lbh brmanfaat lg..

    ~Tetep Semangat~

  10. pintu pertama menuju akhirat adalah kematian….
    jika kita selamat dari kematian…(khusnul khatimah) maka selanjutnya tidak perlu dikawatirkan…
    bukankah ujian dari Allah hanya ada pada saat manusia hidup didunia???????
    Allah maha pengasih lagi penyayang…
    bukan surga dan neraka yang dituju…..
    tapi Ridho-NYA lah kita cari……
    astagfirullah100x

  11. Hmmm bagus banget. aku dulu berpikiran bahwa tahap pemberian kitab itu yang terakhir, ternyata hmmm masih ada beberapa tahapan yang harus dilalui. tapi sepertinya belum komplit ya kalau tidak dijelaskan kenapa orang melalui sirath itu beraneka cara, dan jenis surga n neraka belum disentuh. ya… semoga dilain kesempatan dijelaskan lagi heeeee. thanks banget ya.

  12. aQ mau tanya…orang mati apakah bisa hidup kmbali atau reingkarnasi?dan saat kerabat, teman, ato saudara Qt mati,,,jika Qt sangat merindukan dia,apakah Qt bisa bertemu dengan dia….baik nyata maupun hanya mimpi???
    tolong dijawab di E-mail saya……
    terimakasih

    • tidak ada reinkarnasi karna jumlah manusia terus bertambah dibanding julah yg mati. untuk bertemu dgn keluarga yg meninggal tdk bisa lagi kecuali atas izin Allah lewat mimpi. atau sdh mati tapi kalau salah satunx sial maka tdk akan ketemu lagi selam2nya.

    • Islam tidak mengenal reinkarasi, ketika seseorang mati & telah dikubur, kemudian kerabat, teman, saudara atau famili telah meninggalkan si almarhum sebanyak 7 langkah, maka ia akan ditanya oleh 2 orang malaikat Munkar dan Nakir… Seorang muslim, apabila rindu dengan seseorang yg telah almarhum/almarhumah (muslim juga), maka hal yang dapat dilakukan hanyalah dengan mendoakan orang tersebut sebagai pengobat rasa rindu….

  13. aQ mau tanya…orang mati apakah bisa hidup kmbali atau reingkarnasi?dan saat kerabat, teman, ato saudara Qt mati,,,jika Qt sangat merindukan dia,apakah Qt bisa bertemu dengan dia….baik nyata maupun hanya mimpi???
    tolong dijawab di E-mail saya……

    terimakasih

  14. tulisan sangat bagus, semoga akan menjaidkan sebagai ingatan dan peringatan apabila kita melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah sehongga kita menjadi takut, dan emoga keselamatan selalu menyertai kita di dunia maupun di akhirat.amien

  15. kehidupan setelah mati tidak pernah kita ketahui bagaimana kehidupan pada saat itu.
    isi blog ini sungguh sangat bermanfaat…
    untuk yang nulis syukron kasiir…
    semoga Allah memberikan kita iman dan umur panjang dengan amal shaleh….
    amiiin…..

  16. aku jg ingin menanyakan seperti yang di tanyakan zakia, apakah seseorang bisa bertemu dengan keluarganya di alam sana apabila dia telah meninggal sebelum dan sesudah hari kiamat. tolong di jawab di E-mail aku, coz dari dulu aku sangat menginginkan jawabannya,..

    • kehidupan ttg akhirat adalh soal keimanan. tdk perlu ahli batin. sumberx di alquran dan hadist. kita telah diberi otak untuk menganalisa. bukan keimanan namanya kalau kelihatan, matahari terbit di sebleah timur dan tenggelam di sebelah barat kan merupakan hal luar biasa. dan pasti berat dipercaya jika itu diajdikan “hal ghaib”.

    • tidak yg kekal kecuali amal baik dan buruk.
      semua akan musnah pohon, bangunan, air, kecantikan, suara yg merdu, pendidikan, mesjid, kabah, quran, semua akan musnah..

  17. Saya sedang menulis buku tentang perjalanan manusia yang saya beri judul “Persiapan manusia menuju hari yang abadi”
    dan saya mendapat banyak inspirasi setelah membacanya. mudah2an dengan membacanya kita semua bisa berubah menjadi lebih baik untuk mempersiapkan diri menuju hari yang abadi

  18. subhanaallah
    saya merinding ketika membayangkan apa yang saya baca
    mudah2n allah mengampuni semua dosa2 sayaa
    saya yakin pintu maaf allah belum tertutup buat umatnya

  19. assalamualaikum,,,

    saya cuma bisa bilang ALLAH itu maha besar,maha mengetahui,jangan hanya membaca ini kalian baru takut akan dosa,,,

    taubatlah segera
    dan kembali ke jalan Allah
    bersihkan diri seperti dimana pertama kali Ia menciptakan kita semua.

    blog ini amat sangat bagus,

    Allah slalu bersama kita,,,

    amiennn

  20. saya sangat tertarik dengan apa yang ada pada bloger ini, karena sangat detail dan sangat lengkap buanget………………! makasih untuk yang buatnya ya…………….?????!!!!!!!!!!

  21. kira-kira surga neraka itu kekal nggak, menurut saya pribadi hanya Allah swt. saja yang kekal semuanya akan berubah, tolong di tanggapi sama penulis.

    kt semua akan selamat karena kita akan kembali kepada asal pencipta yaitu Allah Swt. siksaan itu juga berlaku didunia maupun diakhirat tapi tidak abadi semuanya akan musnah, hanya Allah Swt. sendiri yang ada kembali seperti kehidupan awal. Dia maha kuasa maha perkasa

    • nereka itu kekal surga juga kekal. bukan 1000 tahun bukan 200000000000 tahun bukan 300000000000000000000000000000000000000000000 tahun tapi kekal tak berakhir.

    • ada kekal yg tanpa awal dan tanpa akhir (Allah, Dzat yg Maha Kekal dan tidak ada keraguan padanya)
      dan ada kekal yg dmulakan dgn awal (neraka & surga)

      sesungguhnya Allah yg Maha Kekal telah menciptakan akhirat,, neraka dan surga yg kekal
      (subhanallah, Allahuakbar)
      wallahu’alam bishawab

  22. -masya allah…..
    sungguh engkau maha dari segala maha…..

    hendaknya ah kita segera bertobat mengingat azab allah yang amat sangadhh pedih .

    subhanallah…

  23. shalat adalah tiang agama,apa bila kita tidak melaksanakan shalat,agama kita akan runtuh.
    shalat adalah kepalanya agama,pernah kah kalian melihat manusia hidup tanpa kepala?pastinya tidak, manusia bisa hidup tanpa kaki, tangan, mata,dll ttpi manusia tdk bs hidup tanpa kepala.kesimpulan:fungsi dari shalat adalah untuk menegakkan dan menghidupkan agama.shalat juga yang membedakan kita dengan yahudi. apa bila kita tidak melaksanakan shalat pastinya susah untuk membedakan mana yahudi dan mana yg bukan.

  24. Ass.teruslah berjuang dalam dakwah semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan lindunganNya menyelamatkan kita baik dari azab didunia maupun Akhirat.

  25. Kehidupan sebenarnya baru akan di mulai saat kita sudah mati maka bekal perlu di persiapkan untuk menghadapinya..
    begitu juga dengan saya yang belum banyak mengerti tentangnya..
    ya Allah Bantu hamba Mu yang hina ini..

  26. sebenarnya aku belum begitu mengerti tentang agama islam aku takut bila aku mati aku tak punya bekal bwt di akhirat….
    ya Allah bantulah hambamu ini untuk selalu di jalan Mu..

  27. assalamu’alaikum wr wb..
    semoga rahmat ALLAH selalu tercurah bagi kita Hamba ALLAH…Sesungguhnya saya Umat Nabi Muhammad SAW..saya ingin sekali bertemu dengan Nabi Muhammad,setelah mengetahui ciri-ciri beliau…Pantaskah saya seorang Pendosa bertemu dengan Nabi Muhammad Hamba ALLAH yang sangat Mulia?walau hanya sedetik?sesungguhnya saya sangat merindukan sosok Nabi Muhammd…ALLahu Akbar semoga ALLAH mengizinkan saya Bertemu Rasulullah walau dlm mimpi.. Melihat raut wajah beliau…..mohon do’a teman2 sekalian…

  28. alhamdulilih hi rob….aq cuman minta saran bagai mana untuk mendapatkan kelancaran dalam menjalani kehidupan ini hingga akhirnya kita sampai pada surga yang di impi-impikan seluruh ummat islam di dunia ini.

  29. ass…….

    ^_^ alhamdulillah saya di berikan kesempatan untuk membaca situs ini ……… saya skrg sadar akan pentingnya hal-hal yang telah saya lalaikan selama ini// tidak seharusnya saya berbuat dengan kemauanku_sendiri tanpa sadar bahwa itu semua salah dan ingin aku merubah semuanya dan menghapus dosa2 yang telah ku_buat………… thank”s yach.. ……..

    wassalam …………..

  30. aq sngat bersyukur krna bisa di beri ksempatan untuk mmbaca situs ini….
    sebelumnya aq sudah tau bahwa siksaan dan kehidupan kekal ada…
    tp aq tak tau kalo sesudah kmatian msih terdapat rintangan sperti yg di jelaskan dalam situs ini..
    kini aq mengerti,,dan truz terang aq takut masuk neraka ALLAH sesudah mendengar penjelasan dalam situs ini,tetapi aq jg tag pantaz masuk surgaNYA setelah mengingat dosa-dosa yang sudah aq perbuat di dunia selama ini..
    tetapi aq sangat ingin masuk surgaNYA,,
    mulai detik ini aq akan mencoba berbuat lbih baig dari sebelumnya,,,
    trimakasih ataz pengetahuan ini,meskipun ini belum sesempurna kejadian yang sesungguhnya…
    wassalam……

  31. assalamuallaikum…..
    allahamdulillah allah telah berikan saya kesempatan melihat blok ini
    saya amat takut akan siksa allah
    semoga kita umat islam selalu di bukakan mata nya oleh allah

  32. Thks ya,..udah brapa hari ini aqw selalu kefikiran gmna kehidupan setelah mati,. entah knpa qw ingin tawu,… qw baruu ngrti,..
    mksih ya..

  33. makasih atas tulisannya, saya juga bertanya” mengenai Bagaimanakah kehidupan setelah kita meninggal? ternyata seperti itu adanya,,
    karna saya merasa sangat ketakutan sekali akhir” ini, dengan banyaknya orang yg meninggal di sekitar saya, dan saya merasa belum siap untuk meninggal karna amalan yg saya punya merasa belum cukup dan takut untuk masuk neraka.

    yang menjadi pertanyaan saya :
    bagaimanakah rasanya jika kita sudah meninggal??
    apakah kita merasakan sakitnya masuk neraka,bahagia dan senang masuk surga seperti layaknya kita hidup saat ini?ataukah kita tidak merasakannya?layaknya kita seperti tidur dan bermimpi??

    tolong di jawab yah pak ..
    terimakasih sebelumnya atas jawaban bapak ..

  34. saya sangat berterima kasih atas semuaya karna ,itu dapat menyadarkan orang-orang yang berbuat dosa trmasuk saya sendiri

  35. alhamdulillah saya bisa menemukan ilmu yang saya cari selama ini, semakin yakin setiap manusia akan mengalami tahapan tersebut,mudah2an amal kita bisa menolong.

  36. saya mendukung 100% dg web ini karena bisa mendambah wawsan tentang agama terutama menuju tobat buat para manusia terutama yang pada korupsi

  37. Baru kali ini saya ingin kembali ke Jalan-Nya, namun iman yang sangat tipis membuat berat untuk benar2 kembali, hanya sebatas keinginan kuat, kayaknya perlu usaha ekstra keras untuk benar2 bertobat yang sebenarnya. Hidup di dunia adalah perjuangan..
    Dunia ternyata hanya seperti 1 Jam saja disaat kita dikumpulkan di Padang Mahsyar. Waduh, untung blog ini membuat saya ingat kembali, setelah puluhan tahun lupa akan siksa neraka.

  38. :) hidup di dunia hanyalah sementara seperti bersinggah untuk makan dan minum..
    apa yang kita makan dan minum akan di muntahkan suatu hari.. jadi pandailah memilah-milah makan dan minum anda.. dan berlomba-lombalah menggapau jannah-Mu..

  39. membaca ini membuat aku takut akan kehadiran hari kiamat untuk itu aku coba untuk bisa menjalani kebaikan selama di dunia, Tuhan bantulah aku menjadi orang yang baik, beriman dan beristiqomah jauhkanlah aku dari segala godaan syetan yang terkutuk. Amin…Amin

    • yang tersulit dalam hidup ini adalah menolak sesuatu dalam keadaan memungkinkan
      maka sudah seharusnya kita mendawamkan membaca doa yg diajarkan oleh ROSULULLOH saw yg mulia yaitu :
      BISMILLAHHIRAHMAN NIRRAHIM ALLOHHUMMA ARINAL HAQO HAQO WARJUKNA TIBA,AH WAARINAL BATILA WARJUKNA TINABAH
      ya ALLOH tunjukilah kepadaku bahwa yang benar itu benar dan sanggupkanlah aku menjalankan kebenaran itu tadi dan tunjukanlah kepadaku bahwa yang bathil salah itu salah dan sanggupkanlah aku menghindari kebhatilan kesalahan itu tadi amin….wslm

  40. ini suatu ngambaran untuk menjadi bahan renungan kita semua. umumnya untuk kita semua dan khususnya untuk saya………..!maka manusia untuk diciptakan ke alam dunia ini untuk bertaqwa dan beriman kepada Alloh SWT. kepadanya kita semua kan kembali waktu dan dunia hanya miliknya.

  41. akhir kehidupan manusia surga dan neraka,surga tempat segala kesenangan dan neraka tempat segala penderitaan yang kekal abadi selama-lamanya,mumpung kita masih hidup didunia perbanyaklah amal ibadah dgn menjalankan perintahnya menjauhi larangannya yang mana amal ibadah nanti akan menjadi pelindung kita dialam kubur,padang masyar

  42. Ass..Saya mau bertanya.ada keterangan dlm Al-Quran yang menyebutkan bahwa jika kita melakukan amal baik tertentu,maka ganjarannya adalah surga.Mengapa ada keterangan seperti itu??sementara,untuk masuk ke surga,kita harus dihisab dulu&melewati proses2 lain.Tolong dijawab! Terima kasih.

    • Klao Menutut Saya Yang di Maksud Dengan GAnjaran Syurga Di Sini ApabiLa kita IstiqomAh Melakukan Hal2 YAng BAik…. Dan tentunYA DengAn Shalat Sebagai tempat menampung amal kebaikan…….. Dan Kan Di Balas Sebesar kebaikan yang kita lakukan…

  43. ASSALAMUALAIKUM WR WB.
    sebenarnya saya sudah taw sedikit tetapi karena saya membaca ini saya senang karena saya memperdalam ilmu pengetahuan saya lagi
    terimakasih.

  44. mengingatkan apa yg telah kita perbuat didunia selama kita msh bernapas sampai ajal menjemput…smg kita selalu dberi petunjuk ke jalan yg dridhoi oleh 4JJI SWT. Amin ya Rabbal Alamin

  45. ya,,,Allah sungguh besar Ciptaan-Mu….
    ampungiLah dosa2 hanbamu ini dan keluarga hamba,,,,,,,
    Amien,,,,Amien,,,,,Amien,,,,
    terimakasih……

  46. Assalamu’alaikum, Subahanallah,,sy bisa menemukan blog ini,,,,semoga saya bisa mengambil hikmahnya dr semua ini, dan mempertebal amalan kita,,,terima kasih ya Allah Engkau telah membuka hati dan mata hamba untuk memperbaiki kehidupan dunia ini untuk menuju kehidupan akhiran, semoga Engkau mengabulkan do’a hambaMu ini ya Allah,,,,

  47. astaghfirullah..

    ya RABB, lindungi hamba di dunia dan akhirat, berilah hamba kebahagian di dunia dan di akhirat kelak. aminn..
    dan jadikanlah hamba golongan dari umat NABI MUHAMMAD SAW di akhirat sampai di surga firdaus, selamanya bersama BELIAU dengan sodara muslim lainnya. . amin..

  48. ya Allah……………………….semoga nanti ketika aku menghadapmu dan menjalani proses proses itu aku dalam keadaan yang suci…………dan lindungilah aku dan tuntunlah aku menuju surgamu ya Allah

  49. Mudah2-an setelah saya baca blog nc saya bisa lebih baik lagi dari pada sebelumnya… .Ya allah maafkan semua dosa2 hamba selama hidup di dunia mudah2-an aqw tdk prnh mndustai mu.AMIN

  50. ass.satu pekan yg lalu,ayah sy meninggal dunia secara mendadak dalam usia 68 th.ibu sy begitu syok & kaget dg kondisi ini,tp semakin lama makin membaik.kami lima bersaudara,yg lain tinggal di rmh masing2.sedangkan sy dan 2 anak sy tinggal di rumah bersama ayah ibu.sebelumnya sy tinggal di rmh pribadi,kr pindah tugas jadi tinggal bersama keluarga org tua.yg sy tanyakan apa yg hrs kami(kelgr yg ditinggalkn)lakukan setelah kematian ayah kami ini.apakah sy msh harus tinggal dirmh orgtua atau tidak,kr sy dan suami berencana membeli rmh.terimakasih

  51. allah uakbar…
    assallammuallaikum,,sy mau tanyk kl kt punya utang ama org kafir,tp ketika mau di byr dia udh meninggal…?
    tlg,,bagai mana solusinya,
    di hari akhir nanti,apakh malaikat2,mati jg..?dan apakh malaikat izroli yg mencabut nyawa para malaikat..?dan mahluk yg pertama di bangkitkn allah siapa..?dan apakh umat nabi muhammad s.a.w.yg masuk neraka,,bs masuk ke surga..?sy mohan penjelasannya…

    • Mahkluk Alloh semua akan mati..makluk Alloh yang mati terakhir adalah malaikat penjabut nyawa.. maka atas perintah Alloh merekapun menjabut nyawanya sendiri dan merekapun merasakan sakit sebagaimana mereka menjabut mahkluk Alloh lainnya.. demikian yang pernah sy ketahui dari kajian

  52. dari yang saya baca… semuanya hampir sama dengan buku2 yang lainya….
    Subhanallah…..memang seperti itulah gambaranya nanti…
    semuanya itu hampir persis dengan yang ada di dalam alquran dan hadis…..
    maka kita wajib mengimaninya.

  53. hem sya mw tanya.
    low qt punya hutang.
    tp saat it sya blum pnya uang.
    dan skrg sudah pnya uang.
    tp sya tdk tw org yg sya hutangi it ?
    bgaimana byar /solusinya ?
    tlg dlz

    • bagi umat yang muslim yang punya piutang hendaklah jangan menagihnya tapi iklaskanlah,, agar supaya rekan muslim kita tidak terhalang untuk masuk surga krn hutangnya…smoga Alloh membalas keiklasan kita dengan pahalaNya..amin

  54. apakah orang yang mati shahid juga akan mengalami perjalan tersebut.. bukankah orang yang mati shahit akan masuk surga tanpa di hisab..

    • boleh sedikit tanya atau berbagi tentang apa yang selama ini orang mengagung2kan atas nama alloh dengan sebutan DZAT… maaf apa yang di maksud dengan DZAT tersebut?? apakah ada di dalam alkuran kat2 Dzat tersebut??
      ataukah tidak tau bahwa menyebut atau mengagungkan asma Alloh dengan kata2 DZAt??!! bukankah djat itu wujud suatu benda dzat cair ataupun dzat padat.
      jikalau ada tegaskan ke saya jikalau tidak bukankah itu salahsatu perbuatan Syirik atau menyekutukan Alloh swt. subhanallah, hilangkan kat2 itu dari doa anda. terimakasih

  55. subhanallah
    inilah hidup setelah mati
    jadi apa saya jika terus hidup tak ingat kepada sang pencipta?
    saya bukanlan orang yang munafik dan bukan lah taat agama
    semoga allah membuka pintu hati saya agar taat aka perintahnya

  56. Semuanya akan fana kecuali Tuhan. Surga dan neraka hanyalah efek dari perbuatan manusia di dunia. surga dan neraka juga fana, yang abadi hanyalah Tuhan.

  57. Allah maha mengetahui apa yang dikerjakan oleh manusia, tak terasa manusia selalu berbuat dosa. manusia terkadang lupa dengan kenikmatan yang Allah berikan. begitu besar kenikmatan yang Allah berikan kepada manusia. Marilah kita selalu bisa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Sesungguhnya hidup di dunia sangatlah sebentar saja. Astaghfirullahal ‘adhiim…. Ya Allah. Ampunilah dosa kami dan dosa kedua orang tua kami (Bapak / Ibu kami), dosa istri dan anak kami. Ya Allah selamatkan kami dan keluarga kami dari siksaan api neraka.

  58. Hidup didunia adalah sebuah awal perjalanan menuju ke akhirat. Maka manfaatkan hidup yang sementara ini untuk mengabdi hanya kepada Allah penguasa langit dan bumi. Ya Allah maafkanlah aku, hamba yang berdusta ini.

  59. Terimakasi atas ingatanmu ya allah,,masa allah sunggu dasyat,,ya allah lingduni hamba mu ini,,,sesungunya kesalahan & kesilapan milik umatmu,,,,,,, dan kesempurnaan milikmu ya allah,,,,,A M I N,,,,,,,,, ,pasan dri saya mizan,,AMBON(LISABATA)

  60. Asamualaikum,,,,,,,,,
    Sy mijan kaisuku bersama keluarga baru sja kehilangan(meninggal) KAKA SY pda tg 1/12/2011 kaka yg begitu kami sayangi yg kmi cintai,tpi sy sadar allah lebi sayang kaka sy,,,sy berdoa memohon kepAdamu ya allah ampuni dosa2 kaka sy,,,semoga amalnya diterima disisimu ya allah A M I N. MIJAN dan keluarga,,,

  61. YA ALLAH aku orang hina terlalu banyak dosa dan sangat takut terhadap panasnya api neraka dan yang bisa menolongku hanya tuntunan kanjeng nabi MUHAMMAD dan petunjukmu ya ALLAH tuntunlah aku ke jalan yang engkau ridhoi dan bukan jakan yang sesat yang engkau murkai ya ALLAH bibingkah aku karna aku takut api neraka dan aku takut tidak kuat menahan godaan setan yang terkutuk ya ALLAH selamat kanlah umatmu yang hina ini…………………..AMIN

  62. YA ALLAH aku orang hina terlalu banyak dosa dan sangat takut terhadap panasnya api neraka dan yang bisa menolongku hanya tuntunan kanjeng nabi MUHAMMAD dan petunjukmu ya ALLAH tuntunlah aku ke jalan yang engkau ridhoi dan bukan jalan yang sesat yang engkau murkai ya ALLAH bibingkah aku karna aku takut api neraka dan aku takut tidak kuat menahan godaan setan yang terkutuk ya ALLAH selamat kanlah umatmu yang hina ini…………………..AMIN

  63. Subhanallah. semoga ini bisa menjadi penyadar kaum muslim bahwa Dunia ini hanya sesaat, masih banyak tahapan yang akan di lewatkan, dan hanya di alam dunia lah waktu untuk kita menyiapkan bekal agar sampai ke Surga, dan di surga lah kita hidup kekal.

    Terimakasih banyak kepada denny hendrata, semoga ilmu ini menjadi ilmu yang sangat berguna untuk orang-orang muslim, semoga berkat tulisan ini kita bisa melewati setiap tahapan sampai ke surga. Amin yaa robbal ‘alamin

  64. wow amazing… sgt trharu. mudh2n qt smua menjd hamba allah yg selamat amin. oya mas bs dksh gmbr kartun g bt memperjelas ank2 agr ank2 syg jg mempunyai akhlak yg bk.

  65. Setiap manusia yang Hiduppasti akan mengalami MATI…. tapi kapan waktunya hanya Allah yang tau.. Tinggal kita untuk mempersiapkan untuk menuju Hidup sesudah mati…….Alam Barzah…menuju Akhirat Kelak !!!!

  66. ASsalamu’alaykum warahmatullahi wabaarakatuh Subhanaallah tp bener smuanya akan trima hukumanya masing” baik atau buruknya itu ketika di dunia. trima kasih kk ilmux kk. ALhamdulillah jd brtambah pengetahuan ku

  67. ASsalamu’alaykum warahmatullahi wabaarakatuh Subhanaallah tp bener smuanya akan trima hukumanya masing” baik atau buruknya itu ketika di dunia. trima kasih kk ilmux. ALhamdulillah jd brtambah pengetahuan ku

  68. Assalamu’alaikum……………..
    hampir setiap hari aku merasa ketakutan setiap mengingat hari akhir, aku merasa dosaku lebih banyak drpd amal baik ku, disetiap do’a aku mohon ampunan Allah atas dosa2ku…..
    Saudara2ku….akankah Allah mengampuni dosa2ku bila setiap lembar catatan dosaku akan diperlihatkan dan dibalas-Nya nanti..?
    tolong beri masukan saudara2ku…..aku sangat takut akan azab dan siksaan Allah serta api neraka………..
    Ya Allah ampunilah segala khilaf dan dosaku………… Astaghfirullah…..Astaghfirullah……

  69. Dengan bertaubat Nasuha, Allah SWT pasti mengampuni hambaNYA, Sungguh Allah SWT Maha Pengampun dan Penyayang kepada segenap mahkluk ciptaanNYA. Perlu diingat bahwasanya hidup di dunia, ooh begitu singkatnya, sangat sangat singkat, ingat-ingatlah kehidupan setelah Mati, kita tidak akan membawa apa2 ke sana, hanya amal kebaikan, ibadah kita, ilmu kebaikan yg kita tinggalkan di dunia, Anak2 yg Sholeh dan selalu mendo’akan dan memohon ampun atas kesalahan orang tuanya. Insya Allah.

  70. Allahuakbar.
    terimakasih atas pengetahuannya.
    semoga bermanfaat untuk semua umat-umat yang mengikuti jalan Allah.
    insyaallah semua orang yang membaca bloq ini akan tersadar dan akan kembali ke jalan Allah.
    amin ya robbal ‘alamin.

  71. Assalamulaikum w.w

    Subhanallah…..subhanallah….
    Allahu akbar…..membaca tulisan ini keimanan saya meningkat….saya jadi semakin takut untuk mendekati larangan Allah….

    Alhamdulillahirobbilalamin ya Allah engkau telah membimbing hamba sehingga hamba menemukan tulisan ini….tulisan yang semoga bermanfaat bagi semua yang telah membaca.
    Terima kasih bagi penulis…

    Salam

  72. terimakasih atas informasi yang teleh diberikan semoga allah selalu memberi petunjuknya sehingga kita dijauhkan dari siksa api neraka….amiin

  73. Terima kasih atas informasi yang sangat berharga ini..semoga menjadi ilmu yg bermanfaat bagi penulisnya yg pahalanya terus mengalir tiada putus..amin

  74. alhamdulillah ketemu tulisan ini….terima kasih….
    sy ada pertanyaan mendasar ketika disebutkan masing2 nabi mempunyai telaganya sendiri…apakah itu diperuntukan bagi umat2 sebelum adanya nabi Muhammad saja kah….bagaimana dengan umat yang (masih) non muslim setelah adanya nabi Muhammad …apakah mereka dianggap kafir (karena bukan muslim) atau mereka tetap bagian dari umat para nabi terdahulu tersebut…(agak bingung)…
    semoga ada orang bijak yang berkenan memberikan pencerahannya…. tks b4..

  75. Assalamualaikum dan trimakasih kpda saudara2 MUSLIM – ku untuk penulis, poster dan yg sedang membaca..
    Sbenarnya HIDUP memang FANA dan hnya sementara..
    Banyak COBAan yg dimana tiap INSAN bisa berbeda dalam mencari SOLUSInya..
    Itu jg d karenakan apa yg kita punya(dalam arti SIFAT SABAR dan sifat MULIA lainnya tak mempunyai PORSI yg sama tiap INSAN – NYA)..
    Tpi dalam BLOG ini kita d pertemukan saling berBAGI..
    Apapun yang kita HADAPi psti lah stidaknya mnjadi sedikit RINGAN apabila kita kembalikan kpda TUHAN sekaligus PENCIPTA kita satu2nya yg tidak lain adalah ALLAH S.W.T..
    Semoga apa yang kita inginkan untuk menjadi HAMBA-NYA yg d TERIMA di SISI-NYA mnjadi terlaksana..
    AMINNN..

  76. semoga dosa saya.orang tua saya,istri saya.anak anak saya.leluhur saya,kaum muslimin muslimat.dan orang yg berdosa diampuni segala dosa dan masuk surga dikemudian hari tsb.

  77. Alhamdulillah saya bisa ketemu dengan Blog ini, terimakasih pada penulis artikel ini yg begitu lengkap dengan dalil-dalilnya semogga Allah memberikan segala kemudahan dan keselamatan dunia dan akhirat untuk Panjenengan sekeluarga….Amin….. mohon ijin copy paste untuk menjadi pengingat diri ini yang masih sering lupa…….Waalaikum salam…..

  78. mdah2 han kta termasuk pngikut rasulullah SAW., mari kta semua umat muslim meminta kridaan allah., semoga dijauhkan dri siksa api neraka dan jauhkanlah dari siksa kubur. amin ya rabbal alamin

  79. Assalamualaikum Ustadz
    Alhamdulillah sekali saya diberi kesempatan untuk bisa membuka blog ini
    Jadi sadar diri ini jauh sekali dari kata pantas untuk Surga-Nya

  80. Mudah-mudahan Allah masih memberikan umur yang panjang kepadaku, agar aku bisa bertobat sampai diampuni semua dosa-dosaku……

  81. Alloh mencptakan surga n neraka untuk siapa???? Untuk kita tentunya,,,, jangan takut,,,, jika kita udah lakukan rukun islam, tinggal amalin ilmu yang kita peroleh di DUNIA ,,semua ilmu tanpa kecuali …..jangan takut

  82. yaalloh ampunilah segala dosa2 hambamu yang kotor ini,,jauhkan barang2 haram dan maksiat dari diri hamba,,jgn biarkn hamba brkubang dlm dosa dan tersesat jauh menuruti hawa nafsu,,brikan ptunjuk dan hidayahmu untukku,,dan bila tiba ajalku,,matikanlah hamba dlm keadaan islam dan istiqomah,,,aminnn

  83. Mengerikan sekali ternyata. Saya hingga bergetar membacanya, aku takut sekali..

    Ya Allah, bimbinglah hamba-Mu ini supaya tetap berada di jalan-Mu ya Allah. Ampunilah dosa hamba ya Allah ..

    Aku benar-benar takut :’(

    • terimakasih kepada MU YA ALLOH yang telah mengirimkan utusan untuk umat terakhir semoga kita menjadi umat yang dirindukan dan ditunggu kelak di yaumal akhir oleh nabi kita Muhammad saw salam dan sampaikanlah bahwa kami rindu ingin bertemu dengannya,jadikanlah kami termasuk umat yang dirindukannya ya rosul ALLOH TETAPLAH BERSALAWAT SEMOGA KITA MENDAPAT SAFAATNYA amin YA ALLOH YA ROBBALALAMIN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s